Pj Wako Sonny Tinjau Progres Mal Pelayanan Publik di DPMPTSP

PADANG PANJANG, binews.id -- Penjabat (Pj) Wali Kota Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si kunjungi lokasi yang tengah dipersiapkan sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP) bertempat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Senin (2/9/2024).
Di bekas Gedung Bappeda Padang Panjang itu nantinya akan berlangsung kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan pelayanan administrasi. Ini merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah.
"MPP menyediakan berbagai layanan publik. Tidak hanya layanan PTSP seperti yang selama ini dilakukan, tetapi juga layanan publik dari instansi vertikal, Pemerintah Provinsi, BUMN dan BUMD. Penyelenggaraan MPP ini akan dikoordinir DPMPTSP selaku pengelola MPP," tutur Kepala DPMPTSP, Fhandy Ramadhona, S.STP, MM kepada Kominfo saat mendampingi Pj Wako Sonny meninjau progres MPP.
Kehadiran MPP ini, lanjut Fhandy juga ditujukan untuk menarik investor karena dapat memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Para pihak yang ingin bergabung dengan MPP diwajibkan membuat nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) terkait pemanfaatan sumber daya, penggunaan ruang dalam gedung, serta sarana dan prasarana.
Baca juga: Langkah Perdana di Brasil: Prabowo Disambut Meriah di Istana Planalto
"Semoga MPP dapat memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam memberikan kemudahan berusaha," harapnya.
Sementara itu, di samping berkeliling di ruang pelayanan MPP dan meninjau fasilitas penunjang yang ada di MPP, Pj Wako Sonny juga menginstruksikan agar MPP ini segera diresmikan. Sehingga dapat mempermudah pengurusan baik di bidang pelayanan ataupun perizinan.
Sonny menuturkan, pembangunan MPP ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam hal pelayanan publik. Masyarakat tidak perlu mendatangi kantor pemberi layanan masing-masing. Pelayanan kepada masyarakat dilakukan secara terpusat di MPP dengan cepat, mudah, murah dan tanpa biaya.
"Manfaat MPP ini sangat banyak, karena ini akan memberikan pelayanan, baik itu OPD-OPD terkait, maupun instansi vertikal. Jadi masyarakat tidak perlu ke tempat masing-masing OPD, tetapi langsung ke MPP," tuturnya.
Baca juga: Perkembangan Situasi dan Penanganan Bencana 11 Juli 2025, Karhutla Mendominasi
Harapannya, semoga keberadaan MPP nanti semakin bagus. Semua pelayanan bisa dilakukan cepat, mudah, murah, tanpa biaya kalau memang tidak berbiaya, dan satu pintu.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Ciptakan Kenyamanan dan Keindahan Kota, Pemko Padang PanjangTertibkan Bangunan Liar Sepanjang Rel Kereta Api
- Kampung Manggis Wakili Padang Panjang dalam Penilaian Gerakan PKK Tingkat Provinsi
- Atraksi Flying Fox dari Satpol PP Damkar Semarakkan CFD
- Pemko Padang Panjang Siapkan Langkah Revitalisasi PDIKM
- 30 Warga PPT Ikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar