Pemkab Sijunjung Didapuk Penghargaan Predikat KSPP oleh Ombudsman RI

Lanjutnya, pengelolaan pengaduan yang disediakan Pemkab Sijunjung juga semakin maksimal dengan adanya beberapa aplikasi yang ada di Pemkab Sijunjung.
Bahkan di Sijunjung juga ada aplikasi SPAN LAPOR versi Dinas Kominfo yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengadukan keluhan.
"Pengaduan tersebut hendaknya tidak disampaikan ke bupati langsung, karena bupati bukan pejabat penghubung, tetapi pembina yang memerintahkan agar OPD segera memberikan pelayanan yang prima," ujarnya.
Baca juga: Mahyeldi dan Epyardi Tandatangani Pakta Integtitas bersama Ombudsman
Yefri menambahkan kategori pelayanan yang nilainya cukup tinggi itu berupa pemenuhan standar pelayanan publik. Kemudian berdasarkan wawancara masyarakat saat mendatangi pelayanan publik yang memberikan nilai baik meskipun tetap ada keluhan.
"Masyarakat memahami standar pelayanan publik yang ada pada OPD yang kami nilai karena ketika paham dan mengerti, potensi menjadi korban maladministrasi tadi berkurang," ujarnya.
Atas keberhasilan tersebut, langsung diterima Bupati Sijunjung. Ia mengucapkan terimakasih atas penilaian yang dilakukan Ombudsman serta penghargaan yang diberikan pada Pemkab Sijunjung.
Meski berada dizona nyaman (hijau), bupati berharap pada OPD-nya untuk selalu meningkatkan pelayanan prima pada masyarakat. Bupati Sijunjung juga mengakui, keberadaan Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) yang dibentuk Pemkab Sijunjung sangat membantu dalam pengawasan pelayanan.
"Dalam F. Yanlik itu ada semua unsur, mulai dari wartawan, lsm, pamong, akademisi dan ulama juga ada didalamnya. Pelayanan Publik merupakan misi-visi utama kami dalam membangun Sijunjung Maju dan Sijunjung Jaya,"ucap bupati.
"Pengerak utama dan ujung tombak dari penilaian tersebut tidak terlepas dari Asisten 3, dan Kabag Organisasi yang berkolaborasi dengan semua instansi terkait yang tentunya atas dukungan dan arahan Sekdakab dan binaan kepala daerah. Kami dari F. Yanlik mengucapkan selamat raihan nilai dari Ombudsman tersebut. Teruslah berinovasi dan berkarya dalam memberikan pelayanan publik. Selamat dan selamat,"kata Saptarius dan Fajar Septrian (Ketua-Sekretaris) F. Yanlik Sijunjung. (bi)
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Rengga Wana Putra Komandoi HIPMI Sijunjung
- Tangisan Netri Tak Terbendung, Setelah Terima Rumah Bantuan Program TMMD dari Semen Padang
- Gubernur Mahyeldi Serahkan Kayu Hasil Tangkapan untuk Pembangunan Musala
- 28 Mahasiswa UNP KKN di Sibusuk Kabupaten Sijunjung
- TNI dan Polri di Sijunjung Sinergi Kawal Program Pembangunan Nagari