Disdukcapil Limapuluh Kota Hadirkan Berbagai Layanan Untuk Memberi Kemudahan Bagi Masyarakat

Senin, 26 Agustus 2024, 15:22 WIB | Pemerintahan | Kab. Lima Puluh Kota
Disdukcapil Limapuluh Kota Hadirkan Berbagai Layanan Untuk Memberi Kemudahan Bagi...
Disdukcapil Limapuluh Kota Hadirkan Berbagai Layanan Untuk Memberi Kemudahan Bagi Masyarkat

LIMA PULUH KOTA - Bagi Pemkab Limapuluh Kota dibawah pimpinan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo inovasi adalah ruh birokrasi. Dorongan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi seutuhnya sebagai misi ke 4 Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2021-2025 ternyata tidak sia-sia.

Peningkatan kualitas layanan publik jadi salah satu titik fokus pembangunan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. Di berbagai kesempatan, Ia meminta seluruh perangkat daerah untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pelayanan administrasi kependudukan", ujar Bupati Safaruddin saat memimpin upacara di SMA Negeri 2 Harau belum lama ini.

Menyandingkan semangat berinovasi dengan spirit membahagiakan masyarakat dengan layanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Limapuluh Kota sukses dengan berbagai layanan yang memberi kemudahan bagi masyarkat untuk menikmati layanan dokumen kependudukan.

Baca juga: Syiar Islam di Ujung Negeri, UPZ Baznas Semen Padang Safari Dakwah ke Mentawai

Kabupaten Limapuluh kota memiliki luas wilayah 3273,40 Km2 dengan jumlah penduduk berdasarkan Data Konsolidasi Bersih semester II tahun 2023 sebanyak 397.683 jiwa. Dengan kondisi wilayah yang tergolong luas dan memiliki akses yang jauh tentunya diperlukan pemanfaatan teknologi.

Menyikapi hal tersebut, Disdukcapil Limapuluh Kota berinovasi menghadirkan aplikasi Smartdukcapil yang bisa diakses melalui smartphone. Didalam aplikasi tersebut dapat melayani seluruh kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota secara online.

"Untuk mengantisipsi masyarakat yang tidak bisa mengakses layanan Smartdukcapil dengan berbagai macam persoalan, apakah itu karena tidak punya paket internet, tidak memiliki Handphone, atau pun bagi masyarakat yang belum paham cara mengakses layanan Smartdukcapil, kami menghadirkan inovasi Pelayanan Jempol Nagari (Jembatan Pelayanan Online Nagari). Masyarakat tidak harus hadir langsung ke kantor Disdukcapil, cukup mendatangi Kantor Wali Nagari tempat masyarakat berdomisili untuk dibantu oleh operator dalam mengakses Smartdukcapil sekaligus mengupload dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam mengurus data kependudukan", terang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Limapuluh Kota Wira Dinata didampingi Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Bambang Irawan saat ditemui diruang kerjanya, pada Senin, (12/8/24).

Dilanjutkan Wira, melalui inovasi Jempol Nagari ini telah mengantarkan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota untuk menerima penghargaan dari Pemkab Limapuluh Kota, yakni sebagai Perangkat Daerah Ter-Inovatif 1 se Kabupaten Limapuluh Kota karena dapat menghadirkan inovasi yang memiliki dampak dan pengaruh yang langsung dirasakan masyarakat.

Baca juga: Ketua DPRD Padang Muharlion Serahkan Bantuan untuk Masjid Nurul Washillah dalam Safari Ramadhan

Selain itu, Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota juga melakukan Pelayanan jemput bola ke Nagari-nagari dengan menargetkan masyarakat umum dan disabilitas yang belum melakukan perekaman KTP-el serta mengurus dokumen kependudukan lainnya. "Kehadiran Disdukcapil tentu menjadi penyejuk ditengah dahaga yang dirasakan masyarakat saat kesulitan mengurus dokumen kependudukannya",imbuh Wira.

Halaman:

Penulis: Medio
Editor: Adrian Tuswandi

Bagikan: