Kabupaten Solok Raih Peringkat 1 Pelayanan Publik di Sumatera Barat

Jumat, 13 Desember 2024, 09:40 WIB | Pemerintahan | Kota Padang
Kabupaten Solok Raih Peringkat 1 Pelayanan Publik di Sumatera Barat
Penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Barat, Meilisa Fitri Harahap, kepada Plh. Sekda Kabupaten Solok, Editiawarman, S.Sos, M.Si, pada sebuah acara resmi yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Hotel Mercure Padang, Rabu siang (11/12/2024). IST
IKLAN GUBERNUR

PADANG, binews.id -- Kabupaten Solok kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan publik berkualitas dengan menorehkan prestasi membanggakan. Lembaga Negara Ombudsman Republik Indonesia menetapkan Kabupaten Solok sebagai peringkat 1 di Sumatera Barat dalam Penganugerahan Kepatuhan Pelayanan Publik 2024. Dengan skor 97,73, Kabupaten Solok masuk dalam zona hijau atau kategori A, yang menunjukkan kualitas tertinggi.

Penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Barat, Meilisa Fitri Harahap, kepada Plh. Sekda Kabupaten Solok, Editiawarman, S.Sos, M.Si, pada sebuah acara resmi yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Hotel Mercure Padang, Rabu siang (11/12/2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan instansi pemerintahan Kabupaten Solok, termasuk Kepala Disdukcapil Riki Carnova, Kepala Dinas Sosial Mulyadi Marcos, Kepala DPMPTSP Naker Aliber Mulyadi, Kabag Organisasi Rezka, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Indriyani beserta jajaran. Kehadiran mereka mencerminkan sinergi kuat dalam pemerintahan daerah untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima.

Dalam sambutannya, Editiawarman menyampaikan bahwa pencapaian ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh pihak di Pemerintah Kabupaten Solok. "Capaian ini merupakan buah kerja keras dan wujud dari visi menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. Penilaian Ombudsman terhadap Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2024 menunjukkan bahwa Kabupaten Solok berhasil meraih peringkat pertama untuk Provinsi Sumatera Barat," ujarnya.

Baca juga: Wakil Bupati Solok Kunjungi PLN Cabang Solok, Bahas Percepatan Pemenuhan Kebutuhan Listrik Masyarakat

Ia menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. "Kami berharap, dengan mendapatkan prestasi ini, pelayanan publik yang diberikan Pemerintah Kabupaten Solok kepada masyarakat harus dirasakan lebih mudah, cepat, transparan, ramah, akuntabel, dan sesuai dengan tuntutan zaman," tambah Editiawarman.

Penganugerahan ini tidak hanya menjadi simbol prestasi, tetapi juga menjadi pengingat akan pentingnya tata kelola pemerintahan yang bersih, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Ombudsman RI memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap dedikasi pemerintah daerah yang berhasil memenuhi standar kepatuhan tinggi dalam pelayanan publik.

Melalui pencapaian ini, Kabupaten Solok diharapkan dapat terus menjadi teladan bagi daerah lain di Sumatera Barat, sekaligus menginspirasi peningkatan kualitas pelayanan publik di seluruh Indonesia. (bi/Mak Itam)

Marhaban ya Ramadhan 2025

Penulis: Imel
Editor: BiNews

Bagikan: