Angkutan Lebaran Belum Usai, KAI Divre II Sumbar Sudah Layani Lebih dari 100 Ribu Penumpang
PADANG, binews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatat hingga Sabtu (5/4), lebih dari 100.000 penumpang telah diberangkatkan melalui layanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran 1446 H/ tahun 2025 di wilayah Divre II Sumbar.
Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab mengatakan bahwa berdasarkan pantauan hari ini, Sabtu (5/4/2025) KAI Divre II Sumbar telah memberangkatkan sebanyak 103.864 penumpang pada masa Angkutan Lebaran tahun 2025 yakni periode 21 Maret 2025 s.d 11 April 2025 dari total kapasitas 154.528 seat yang disediakan atau rata-rata 7.024 seat setiap harinya.

Jumlah tersebut menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api, terutama pada masa mudik dan arus balik Lebaran. "Angka ini masih akan terus bertambah karena masa Angkutan Lebaran masih berlangsung hingga 11 April 2025 mendatang," ujar Reza.
Penjualan tiket KA Lokal di wilayah Divre II Sumbar didominasi oleh masyarakat yang hendak berlibur ataupun berwisata ke pantai di Kota Pariaman dengan menggunakan kereta api Pariaman Ekspres. Khusus untuk penjualan tiket KA Pariaman Ekspres relasi Paulima-Naras pada masa Angkutan Lebaran tahun 2025 hingga hari ini mencapai 83.218 tiket.
Baca juga: Stasiun Padang Ikon Transportasi Inklusif, Pilar Pariwisata Sumbar, dan Komitmen Energi Hijau
Menurut pantauan, jumlah pemesanan tiket KA Pariaman Ekspres khusus hari ini update pukul 10.00 WIB mencapai 6.600 tiket dalam sehari.
Kereta Pariaman Ekspres relasi Paulima--Naras ini melayani rute Padang-Pariaman yang memakan waktu tempuh sekitar 1.5 jam. Sepanjang perjalanan, penumpang disuguhkan pemandangan pesisir pantai yang indah serta suasana pedesaan khas Sumatera Barat. Dengan harga tiket yang terjangkau, kereta ini menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin menikmati perjalanan hemat namun tetap nyaman.
Tak hanya menjadi pilihan wisatawan, KA Pariaman Ekspres juga mendukung mobilitas masyarakat Sumbar yang bekerja atau berdagang di antara kota-kota yang dilaluinya.
KAI Divre II Sumbar terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan demi memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.
Baca juga: Aksi Heroik Petugas KAI Divre II Sumbar Selamatkan ODGJ dari Percobaan Bunuh Diri di Rel Kereta
"Untuk mempermudah pengguna jasa kereta api, tiket kereta api Lokal dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI. Untuk pemesanan hari ini pelanggan sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan tanggal 5 April hingga 12 April 2025" kata Reza.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Humas Divre II Sumbar Raih Juara 1 PPID Pelaksana Daerah Terbaik 2025 pada Kehumasan KAI Group
- Usai Bencana, Pemprov Sumbar dan Pertamina Jamin Pasokan BBM--LPG Tidak Terganggu
- DLH Padang Targetkan Pembersihan 3.327 Ton Sampah Pasca Bencana Tuntas Dalam 9 Hari
- Operasional KA Divre II Sumbar Kembali Normal, Lintas Duku-BIM Aman Dilalui
- KPID Sumbar Sosialisasikan e-Warning System ke Komunitas Pemuda Peduli Bencana di Kota Padang








