Sektor Jasa Keuangan Sumbar Tumbuh Positif, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Regional

Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat, OJK Sumatera Barat telah melaksanakan 25 kegiatan edukasi secara langsung serta 12 kegiatan edukasi melalui media sosial dan cetak. Edukasi ini menyasar masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, dan pelaku UMKM, dengan tujuan meningkatkan pemahaman terhadap peran OJK serta kewaspadaan terhadap aktivitas keuangan ilegal.
Dalam hal perlindungan konsumen, melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK), tercatat 889 layanan masyarakat di Sumbar per Maret 2025. Layanan tersebut terdiri dari 149 pengaduan, 102 permintaan informasi, dan 638 pertanyaan dari masyarakat.
Tak hanya itu, OJK juga mencatat 602 layanan yang berkaitan dengan entitas di luar pengawasan OJK, termasuk pengaduan terkait pinjaman online ilegal dan investasi bodong yang masih marak terjadi. (bi/mel)
Penulis: Imel
Editor: Imel
Berita Terkait
- Peduli Lingkungan dan Masyarakat, KAI Divre II Sumbar Bergerak
- HUT ke-67 Nasionalisasi, PT Semen Padang Optimistis Bangkit dan Kembali Rebut Kepercayaan Pasar
- Bank Nagari Hadirkan Promo Cashback Tahun Ajaran Baru
- Sektor Keuangan Sumbar Stabil Meski Risiko Meningkat
- 10 Pelaku UMK Binaan UPT Halal Center UNP Resmi Terima Sertifikat Halal dari BPJPH RI