Insan Semen Padang Diharapkan Jadi 'Brand Ambassador' Implementasi AKHLAK

Jumat, 20 November 2020, 16:20 WIB | Ekonomi | Kota Padang
Insan Semen Padang Diharapkan Jadi 'Brand Ambassador' Implementasi AKHLAK
Internalisasi core values AKHLAK yang dilaksanakan secara virtual, di lingkungan SIG, Jumat (20/11/2020). Tampil sebagai pembicara, Tubagus Muhammad Dharury, (Direktur Keuangan PT Semen Padang) dan Retno Sulistijowati (Direktur PT Industri Kemasan Semen Gresik) dengan moderator dari Classy Corp Andayani Jopseph.

Menjawab pertanyaan salah seorang karyawan terkait ada yang masih belum menerapkan AKHLAK dengan baik, Retno menekankan bahwa harus terus diberikan pemahaman dan internalisasi. Sehingga pada akhirnya, semua akan faham, apa dampaknya AKHLAK dalam bekerja. "Dampaknya, ada di perusahaan yang menjadi sawah ladang kita. Kalau kita bekerja bagus, kinerja perusahaan akan bagus," jelasnya.

Direktur Hukum SIG Tina Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan mengungkapkan, dari survei penerapan AKHLAK di lingkungan SIG diketahui bahwa nilai Harmonis dan Kolaboratis merupakan yang paling tinggi. "Saat ini dan ke depannya, kita akan lebih mengedepankan penilaian yang berbasis kinerja. Yakni bagaimana menghargai karyawan, dan karyawan memiliki peluang karier dan kesejahteraan yang baik," katanya.

Baca juga: PT Semen Padang Dukung Produksi Pupuk Organik, Targetkan 5 Ton per Bulan di Payakumbuh

Potensi dan kompetensi ke depan akan diukur salah satunya melalui AKHLAK. "Mau tak mau, teman-teman tidak hanya faham tapi bisa mempraktekkan AKHLAK. Tahun ini kita bergerak, karyawan tahu dulu kondisinya. Untuk itu para leader, diharapkan juga bisa mengedukasi, faham dan mempraktekkan AKHLAK," ujar Tina.

Ia berharap para leader bisa jadi contoh. "Karyawan tidak melihat apa yang dikatakan, namun apa yang diakukan atasan. "Kini tahap mengerti dulu. Mudah-mudahan para leader bisa melatih terus pemahanan dalam berperilaku. Tanpa kita sadari lama-lama bisa melekat pada perilaku kita. Bisa membiasakan," tambahnya.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN menetapkan core value AKHLAK sebagai salah satu strategi transformasi Human Capital Kementerian BUMN guna meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global, serta menjadikan BUMN sebagai pabrik talenta.

AKHLAK itu masing-masing Amanah (peduli, keberagaman). Kompeten (profesional, fokus pelanggan, pelayanan memuaskan, unggul, excellence, smart). Amanah (integritas, terpercaya, bertanggung jawab, komitmen, akuntabilitas, jujur, disiplin). Loyal (komitmen, dedikasi (rela berkorban), kontribusi). Adaptif (inovatif, agil, adaptif). Kolaboratif (kerjasama, sinergi)

Sebagai bagian dari perusahaan BUMN, Semen Indonesia Group mewajibkan seluruh karyawan di lingkungan Semen Indonesia Group untuk menetapkan AKHLAK ke dalam perilaku kerja sehari hari. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Imel
Editor: BiNews

Bagikan: