Rektor UNP Prof. Ganefri Kukuhkan 8 Guru Besar

"Pembelajaran sains terpadu relevan dengan prinsip esensial pembelajaran abad ke-21. Alasan ini didasarkan pada karakteristik pengajaran terpadu. Ada empat karakteristik pembelajaran sains terpadu, yaitu aktif, autentik, holistik, dan bermakna. Penerapan pembelajaran terpadu dalam bentuk bahan ajar sains tematik berbasis ICT memberikan efek positif pada penguasaan konsep dan keterampilan abad ke- 21 peserta didik mencakup berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berkomunikasi," jelas Prof. Dr. Asrizal, M.Si.
Pada kesempatan itu, Guru besar bidang Ilmu Kimia Fisika dari FMIPA, Prof. Dr. Hardeli, M.Si. menyampaikan bahwa dari pelapisan yang telah dilakukan maka diperoleh logam yang efisien dalam pembuatan sel surya adalah logam Zn. Dari pelpapisan logam Zn baik doble layer maupun doping maka lapisan yang memberikan hasil terbaik adalah Zn/TiO2: ZnO dengan efisensi 19, 6%
"Zat warna yang sudah dikerjakan adalah kuersetin dan polikuersetin sehingga masih terbuka penelitian memakai zat warna asam tanat, tannin, asam ellagig yang dipolimerisasi dan digabungkan," tambah Prof. Dr. Hardeli, M.Si.
Demikian juga Guru besar bidang Ilmu Fitapologi dari FMIPA, Prof. Dr. Linda Advinda, M.Kes. menyampaikan suatu usaha yang ramah lingkungan untuk mengendalikan penyakit tanaman adalah memanfaatkan agens biokontrol pseudomonad fluoresen. Telah banyak penelitian tentang pseudomonad fluoresen ini dalam perannya sebagai pengendali penyakit tanaman, baik karena bakteri maupun jamur.
"Asam sianida, senyawa-senyawa siderofor, kemampuan melarutkan fosfat, serta menghasilkan hormon tumbuh IAA menjadi keunggulan kelompok bakteri pseudomonad fluoresen ini. Sehingga, disamping mengontrol penyakit tanaman, pseudomonad fluoresen juga berperan dalam perkecambahan dan pertumbuhan tanaman," jelas Prof. Dr. Linda Advinda, M.Kes.
Juga Guru besar bidang Ilmu Strategi dan Desain Pembelajaran Kimia dari FMIPA, Prof. Dr. Yerimadesi, S.Pd., M.Si. menyampaikan Model GDL-PK merupakan model pembelajaran yang dikembangkan dari model pembelajaran Discovery Learning yang layak dipertimbangan oleh guru dan calon guru SMA untuk diterapkan di sekolah, karena sudah dinyatakan valid, praktis, dan efektif berdasarkan hasil penelitian, baik di sekolah level tinggi, sedang, maupun rendah.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Dukung Kegiatan Keagamaan, Jupri Tinjau Pembangunan Mushalla di SMPN 17 Padang
- Peduli Dunia Pendidikan, Ketua DPRD Sumbar Serahkan Baju Batik untuk Guru SMA 10 Padang
- Uji Kesiapan Warga, 5 November Pemko Padang Gelar Simulasi Gempa dan Tsunami
- Ketua DPRD Sumbar Serahkan Baju Batik untuk ASN dan Guru Dinas Pendidikan
- PAPTEKINDO Akan Gelar Konvensi ke-12 dan Konferensi Internasional di UNP: Angkat Kolaborasi Pendidikan Vokasi
Tahapan Presentasi Monev KI Sumbar Berjalan Sukses
Kota Padang - 18 Oktober 2025
Kota Tua Padang Disiapkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan 2026
Kota Padang - 17 Oktober 2025