Rektor UNP Prof. Ganefri Kukuhkan 8 Guru Besar

Baca juga: LP3S UNP Terima Kunjungan FMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak
"Pembelajaran sains terpadu relevan dengan prinsip esensial pembelajaran abad ke-21. Alasan ini didasarkan pada karakteristik pengajaran terpadu. Ada empat karakteristik pembelajaran sains terpadu, yaitu aktif, autentik, holistik, dan bermakna. Penerapan pembelajaran terpadu dalam bentuk bahan ajar sains tematik berbasis ICT memberikan efek positif pada penguasaan konsep dan keterampilan abad ke- 21 peserta didik mencakup berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berkomunikasi," jelas Prof. Dr. Asrizal, M.Si.
Pada kesempatan itu, Guru besar bidang Ilmu Kimia Fisika dari FMIPA, Prof. Dr. Hardeli, M.Si. menyampaikan bahwa dari pelapisan yang telah dilakukan maka diperoleh logam yang efisien dalam pembuatan sel surya adalah logam Zn. Dari pelpapisan logam Zn baik doble layer maupun doping maka lapisan yang memberikan hasil terbaik adalah Zn/TiO2: ZnO dengan efisensi 19, 6%
"Zat warna yang sudah dikerjakan adalah kuersetin dan polikuersetin sehingga masih terbuka penelitian memakai zat warna asam tanat, tannin, asam ellagig yang dipolimerisasi dan digabungkan," tambah Prof. Dr. Hardeli, M.Si.
Demikian juga Guru besar bidang Ilmu Fitapologi dari FMIPA, Prof. Dr. Linda Advinda, M.Kes. menyampaikan suatu usaha yang ramah lingkungan untuk mengendalikan penyakit tanaman adalah memanfaatkan agens biokontrol pseudomonad fluoresen. Telah banyak penelitian tentang pseudomonad fluoresen ini dalam perannya sebagai pengendali penyakit tanaman, baik karena bakteri maupun jamur.
"Asam sianida, senyawa-senyawa siderofor, kemampuan melarutkan fosfat, serta menghasilkan hormon tumbuh IAA menjadi keunggulan kelompok bakteri pseudomonad fluoresen ini. Sehingga, disamping mengontrol penyakit tanaman, pseudomonad fluoresen juga berperan dalam perkecambahan dan pertumbuhan tanaman," jelas Prof. Dr. Linda Advinda, M.Kes.
Juga Guru besar bidang Ilmu Strategi dan Desain Pembelajaran Kimia dari FMIPA, Prof. Dr. Yerimadesi, S.Pd., M.Si. menyampaikan Model GDL-PK merupakan model pembelajaran yang dikembangkan dari model pembelajaran Discovery Learning yang layak dipertimbangan oleh guru dan calon guru SMA untuk diterapkan di sekolah, karena sudah dinyatakan valid, praktis, dan efektif berdasarkan hasil penelitian, baik di sekolah level tinggi, sedang, maupun rendah.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Atase Agama Kedutaan Arab Saudi Kunjungi UNP, Perkuat Kerja Sama Pendidikan dan Keagamaan
- Atase Agama Kedutaan Arab Saudi Kunjungi UNP, Perkuat Kerja Sama di Bidang Pendidikan dan Keagamaan
- UNP Gelar Lokakarya Manajemen Penelitian, Hadirkan Narasumber dari University Malaya
- UNP Gelar Bunkasai XII, Perkenalkan Budaya Jepang Melalui Berbagai Kegiatan
- Efisiensi Anggaran, UNP Pastikan Kualitas Pendidikan Tetap Terjaga dan Tidak Berdampak Pada UKT