Nomor Dua di Sumatera, Dharmasraya Capai Kinerja Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022

Kamis, 02 Februari 2023, 10:13 WIB | Pemerintahan | Kab. Dharmasraya
Nomor Dua di Sumatera, Dharmasraya Capai Kinerja Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun...
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menerima piagam penghargaan yang diserahkan Ketua Ombudsman Sumbar Yefri Hariani pada Rabu (2/1/2023) di Padang. IST
IKLAN GUBERNUR

DHARMASRAYA, binews.id --Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali mendapatkan apresiasi dari Ombudsman RI atas Kinerja Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022, dengan nilai 88,67. Nilainya berada di zona hijau atau high quality opinion.

Nilai yang diperoleh Kabupaten Dharmasraya merupakan yang tertinggi kedua di Provinsi Sumbar untuk kategori kabupaten, setelah Solok yang berhasil mengumpulkan nilai 88,73, selisih tipis di atas Dharmasraya.

Atas keberhasilan itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menerima piagam penghargaan yang diserahkan Ketua Ombudsman Sumbar Yefri Hariani pada Rabu (2/1/2023) di Padang.

"Ahamdulillah, berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman RI, kami kembali mencapai kinerja Kepatuhan Standar Pelayanan Publik, dengan opini kualitas tinggi, atau zona hijau," kata Bupati Sutan Riska.

Baca juga: Suasana Haru dan Rinai Tandai Pamit Sutan Riska dan Isteri kepada ASN Dharmasraya

Atas kinerja yang diraih, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menyampaikan terima kasih kepada Ombudsman RI yang telah melihat monitoring dan evaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang semakin baik setiap tahunnya.

Dikatakannya, penghargaan ini merupakan hasil kerja seluruh komponen Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Dengan apresiasi ini, ia berharap standar pelayanan publik ke depan akan lebih baik.

Sutan Riska mengaku pihaknya terus berupaya menerapkan instrumen yang dijadikan pedoman penyelenggaraan pelayanan dan standar penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara pelayanan kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

"Standar pelayanan yang dimaksud berupa jenis pelayanan, ketentuan, tarif, prosedur dan waktu pelayanan. Komponen standar ini sangat penting untuk mencegah korupsi atau penggelapan," pungkas Sutan Riska.

Baca juga: Bupati Dharmasraya Sutan Riska tuanku kerajaan Hadiri Malam Resepsi Hari Jadi Kabupaten Sijunjung Ke-70

Sebagai informasi, tahun lalu Dharmasraya juga memperoleh kinerja serupa, dimana saat itu hanya Dharmasraya dan Kota Payakumbuh yang berhasil meraih zona hijau atau nilai kepatuhan tinggi, di antara 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumbar. (San)

Marhaban ya Ramadhan 2025

Penulis: Imel
Editor: BiNews

Bagikan: