Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Disdukcapil Sangat Tinggi
PADANG PANJANG, binews.id — Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang sangat tinggi. Ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.
Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si saat membuka Sosialisasi Pendaftaran Kependudukan yang digelar Disdukcapil di Hotel Pangeran City, Sabtu (11/5/2024).
"Alhamdulillah kepuasan masyarakat dengan pelayanan Disdukcapil sangat tinggi. Saya berpesan jangan hal ini membuat kita lengah dan berpuas diri untuk terus meningkatkan kapasitas kita dalam melayani masyarakat," tuturnya.
Berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas, untuk 2023 diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 98,42 dengan mutu layanan sangat baik.
Baca juga: Dua Hari Pelaksanaan Smart Surau, Jumlah Siswa Salat Subuh di Padang Meningkat Dua Kali Lipat
Untuk layanan offline, nilai IKM-nya 99,30. Sedangkan layanan online dengan nilai IKM 98,22.
Atas prestasi ini, Sonny mengapresiasi seluruh kinerja dan inovasi yang telah dihadirkan Disdukcapil dalam melayani masyarakat Padang Panjang.
Sementara Kepala Disdukcapil Sumatera Barat, diwakili Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk, Adek Putra, M.Si mengatakan, Disdukcapil Padang Panjang menjadi salah satu dinas terbanyak meraih prestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional
"Disdukcapil Padang Panjang adalah juara. Laporan dua mingguan yang kami kirim, Disdukcapil Padang Panjang selalu mendominasi dengan berbagai inovasi dan prestasinya," ucap Adek.
Namun Disdukcapil tetap tidak berpuas diri. Untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi personel dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, maka digelar sosialisasi pendaftaran penduduk ini. Guna peningkatan kapasitas personel Disdukcapil karena merekalah ujung tombak dalam melayani adminduk.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Pemko Padang Panjang Kebut Pemulihan Pascabencana, Koordinasi Pengamanan Nataru Ditingkatkan
- Sinergi Lintas Sektoral Operasi Lilin Singgalang 2025, Padang Panjang Perkuat Kesiapsiagaan Nataru
- Momentum HJK 235: Pemerintah Kota Padang Panjang Fokus Pemulihan Pascabencana
- Padang Panjang Masuk 20 Kota dengan Realisasi Pendapatan Terbesar se-Indonesia
- Festival Alang-Alang Baradaik Meriahkan Rangkaian HJK 235 Padang Panjang










