Meningkat 42 Persen, KAI Divre II Sumbar Layani 32.489 Penumpang Selama Long Weekend Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek

PADANG, binews.id -- Selama libur panjang akhir pekan atau long weekend Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek mulai Sabtu (25/1/2025) hingga Rabu (29/1/2025), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melayani 32.489 penumpang atau rata-rata 6.498 penumpang per hari.
Angka ini meningkat 42% dibandingkan dengan periode pekan sebelumnya yakni Sabtu (18/1/2025) hingga Rabu (22/1/2025) dimana terdapat 22.951 penumpang atau rata-rata 4.590 penumpang per hari.
Rincian volume penumpang pada long weekend tersebut yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang -- Naras pp sebanyak 22.722 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) -- Pulau Air pp sebanyak 7.596 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Duku -- Kayu Tanam pp sebanyak 2.171 penumpang.
Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat M. As'ad Habibuddin mengungkapkan, peningkatan volume penumpang tersebut menunjukkan animo masyarakat yang semakin tinggi untuk memanfaatkan angkutan kereta api yang nyaman dan murah saat liburan.
Baca juga: Tragis, WNI Tewas Saat Coba Masuk Makkah Lewat Jalur Gurun: Peringatan Keras dari KJRI
"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan," kata As'ad.
Puncak volume penumpang terjadi pada Senin (27/1), dengan jumlah penumpang mencapai 6.865 orang. Adapun puncak kedua yaitu pada Selasa (28/1), dengan jumlah penumpang mencapai 6.771 orang.
Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA pada long weekend tersebut yaitu Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun Naras, dan Stasiun BIM.
"Lonjakan volume penumpang selama long weekend ini semakin mendorong KAI untuk terus melakukan perbaikan di berbagai lini. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan serta memastikan keselamatan perjalanan kereta api. Melalui upaya peningkatan yang berkelanjutan, kami optimis kereta api akan menjadi pilihan utama masyarakat dalam bepergian," tutup As'ad. (bi/rel/mel)
Baca juga: Wakil Ketua DPRD Sumbar Evi Yandri Hadiri Peringatan Hari Buruh Internasional
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- SEPABLOCK PT Semen Padang Jadi Magnet Pengunjung Xporia 2025
- PT Semen Padang Apresiasi Garda Terdepan Penjualan, Pri Gustari: Sinergi Kunci Menangkan Persaingan
- Pekan QRIS Nasional 2025: Momentum Digitalisasi untuk Sumatera Barat
- KAI Divre II Sumbar Luncurkan Program Employee Well-Being Policy untuk Mendorong Gaya Hidup Sehat di Lingkungan Kerja
- KAI Divre II Sumbar Meriahkan HUT ke-356 Kota Padang Lewat Replika Mak Itam di Festival Telong-Telong
Irman Gusman Serahkan Beasiswa PIP untuk 437 Siswa di Sumbar
Kota Padang - 13 Agustus 2025
Pemprov Sumbar-BSI Gelar Gowes Parade Merah Putih 80 KM
Kota Padang - 13 Agustus 2025