Ombudsman Sumbar Gelar Pelatihan Penulisan Opini untuk Dorong Partisipasi Publik
PADANG, binews.id — Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat menggelar Pelatihan Penulisan Opini di Media bagi jejaring Kelompok Masyarakat Peduli Maladministrasi (KMPM). Kegiatan ini berlangsung di Hotel HW Padang pada Rabu (17/9), dengan tujuan meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat, khususnya mahasiswa, dalam mengawasi pelayanan publik melalui tulisan opini di media massa.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Barat, Adel Wahidi, menyampaikan bahwa pengawasan pelayanan publik tidak dapat dilakukan hanya oleh Ombudsman. Diperlukan keterlibatan masyarakat secara luas untuk memperkuat gerakan pengawasan.
"Kita butuh gerakan masyarakat yang lebih luas. Salah satu cara untuk mengawasi dan mempengaruhi kebijakan layanan publik di Sumatera Barat adalah melalui penulisan opini di media massa," ujar Adel.
Ia menambahkan, tulisan dari kelompok muda sangat penting untuk menggugah kesadaran publik dan mendorong perbaikan kebijakan penyelenggaraan layanan publik.
Baca juga: KONI se-Sumatera Barat Sepakat Porprov 2026 Digelar Juni--Juli, UNP Siap Jadi Mitra Dukungan
Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi sekaligus penanggung jawab kegiatan, Syauqi Alfaruqi, menjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yang merupakan perwakilan kampus serta organisasi mahasiswa dan pemuda.
"Para peserta sebelumnya telah tergabung dalam gerakan KMPM. Dalam pelatihan ini, mereka juga telah mengirimkan draf tulisan untuk mendapatkan masukan langsung dari narasumber," jelasnya.
Baca juga: FIK UNP Siap Dukung Penuh Porprov Sumatera Barat 2026
Sebagai narasumber, jurnalis senior Syofiardi Bachyul memaparkan teknik penulisan opini yang efektif. Ia menekankan pentingnya penggunaan fakta dalam setiap opini.
"Komentar itu bebas, tetapi fakta suci," tegas Syofiardi, mengutip ungkapan klasik dunia jurnalisme.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- PT Semen Padang Kerahkan Mobil Tangki untuk Bersihkan Masjid Istiqlal Binuang Pauh Limo Pascabanjir
- Humas Divre II Sumbar Raih Juara 1 PPID Pelaksana Daerah Terbaik 2025 pada Kehumasan KAI Group
- Usai Bencana, Pemprov Sumbar dan Pertamina Jamin Pasokan BBM--LPG Tidak Terganggu
- DLH Padang Targetkan Pembersihan 3.327 Ton Sampah Pasca Bencana Tuntas Dalam 9 Hari
- Operasional KA Divre II Sumbar Kembali Normal, Lintas Duku-BIM Aman Dilalui








