Guspardi Gaus Sebut Ombudsman Perlu Bekerja Lebih Keras Mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kami bersyukur, merasa diperhatikan, Pak Guspardi telah memilih untuk berkunjung ke Ombudsman Sumbar.
Tentu saran-saran Pak Guspardi sangat berharga dan akan menjadi perhatian kita di masa datang.
Kepada Guspardi Gaus Adel memaparkan animo masyarakat untuk melapor semakin meningkat, pada kondisi pandemi sekalipun.
Baca juga: Perkuat Digital Pelayanan Publik, PLN Icon Plus Terima Kunjungan Strategis Disdukcapil Bintan
Tahun ini ada sedikit perubahan pola pengaduan masyarakat, selain banyak dilakukan secara online, subtansi yang dikeluhkan paling banyak juga berubah, jika tahun lalu soal pendidikan, maka tahun ini adalah kesejahteraan sosial.
Ini disebabkan program bansos yang banyak dikeluhkan masyarakat tahun ini, secara resmi Ombudsman juga membuka posko khusus, guna menerima dan menangani laporan terkait bansos Covid-19.
Ada 152 laporan yang terkait dengan bansos. Selain itu terdapat 225 laporan bersifat reguler, jadi sampai saat ini, setidak terdapat 327 laporan masyarakat.
Keluhan lainnya, seputar pendidikan, pertanahan, kepolisian dan kepegawaian.
Alhamdulillah, 70 persen dari laporan itu telah berhasil diselesaikan. Mereka yang tadinya tidak mendapatkan hak layanan, telah mendapatkan layanan kembali, beberapa instansi Terlapor, juga telah melakukan perbaikan pelayanan pada instansinya. (*/mel)
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Padang Hadapi Diet Anggaran 2026, DPRD: Pemangkasan Dana Pusat Ubah Struktur APBD dan RPJMD
- Komisi II DPRD Padang Soroti Rendahnya PAD, Rachmad Wijaya Minta Evaluasi Kepala OPD
- Wakil Ketua DPRD Padang Jupri Dorong Renovasi Kantor Lurah Batuang Taba Nan XX
- Wakil Wali Kota Padang Sampaikan Nota Pengantar Ranperda APBD Tahun 2026
- Nevi Zuairina Dorong Penguatan Struktur dan Kaderisasi PKS di 7 Kabupaten/Kota Wilayah Sumatera Barat