Pemkab Solok Gelar Bimtek Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

PADANG, binews.id - Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Pemda setempat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kompetisi inovasi pelayanan publik dalam rangka membangun / menciptakan inovasi pelayanan publik, baru baru ini.
Kegiatan yang digelar di HW Hotel Padang itu dibuka langsung oleh Plh. Bupati Solok Aswirman, SE, MM, dan dihadiri Asisten Koordinator Administrasi Sony Sondra, SE, M. Si, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Zulfadli, S. Pd, MM, serta Narasumber dari Konsultan Kemitraan Internasional Kurniawan Wahid.
Dalam sambutannya, Plh.Bupati Solok menyampaikan bahwa inovasi pelayanan publik merupakan terobosan jenis pelayanan, yang dilahirkan dari gagasan/ ide kreatif orisinal juga berasal dari adaptasi / modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.
"Pembinaan inovasi nantinya akan kita lakukan sesuai dengan Permenpan nomor 30 tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik demi peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan salah satu area perubahan instansi pemerintah," ujar Aswirman.
Baca juga: Bimtek Monev KIP KI Sumbar Dimulai, Libatkan 429 Badan Publik
Plh.Bupati Solok Aswirman berharap melalui pelaksanaan Bimtek itu, nantinya dapat menjadi wadah bagi SKPD untuk mewujudkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik.
"Nantinya kita juga akan membentuk mall pelayanan publik (MPP) sesuai dengan standar yang ada, sehingga nantinya akan memudahkan bagi masyarakat kita dalam melakukan pengurusan berbagai hal," ungkapnya.
Sementara itu, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Zulfadli selaku panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan Bimtek perdana terkait inovasi ini ditujukan untuk dapat mewujudkan kontribusi yang baik bagi pelayanan masyarakat.
"Bimtek ini bertujuan untuk mendorong pembangunan inovasi pelayanan publik, mendorong pengembangan dan transfer inovasi pelayanan publik, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik," sebutnya.
Baca juga: Wakil Ketua DPRD Sumbar Buka Bimtek Pendidikan Politik untuk Tokoh Masyarakat Kota Padang
Pelaksanaan reformasi dan birokrasi tidak akan terlepas dari pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah bagi masyarakat.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- DPRD Sumbar Tetapkan Kesepakatan Awal RPJMD 2025--2029 dan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2024
- DPRD Sumbar Terima Kunjungan Komisi Gabungan DPRD Solok Selatan Bahas Tindak Lanjut LKPJ
- Public Hearing, Wakil Ketua DPRD Sumbar Iqra Chissa Tegaskan RPJMD Harus Selaras dengan RPJPD dan RTRW Sumbar
- Wakil Ketua DPRD Sumbar Hadiri Pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat ke Mentawai
- Pansus RPJMD Sumbar Intensifkan Pembahasan Arah Pembangunan 2025--2029