Tingkatkan Pelayanan Publik, Bagian Organisasi Setdako Gelar Sosialisasi

PADANG PANJANG, binews.id -- Sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan publik, Bagian Organisasi Setdako gelar Sosialisasi Pelayanan Publik dan Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang.
Kegiatan berlangsung di Hall Lantai III Balai Kota, Senin (30/10), dibuka Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Dr. Winarno, M.E yang diikuti sekretaris OPD, kasubag umum OPD se-Kota Padang Panjang.
Winarno menyampaikan, pelayanan publik ini dilaksanakan untuk terwujudnya good governance. Pemerintah Daerah harus memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan publik, berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan, transparansi, akuntabilitas dan keadilan.
Perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan saat ini, telah membawa konsekuensi perubahan, salah satunya adalah sektor pelayanan publik.
Baca juga: MTQ XLI-2024 Munculkan Potensi Luar Biasa Generasi Qur'ani
"Tidak dapat dipungkiri berbagai permasalahan dalam pelayanan publik masih ada, terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan. Pelayanan yang berkualitas tergantung pada berbagai aspek, yaitu pola penyelenggaraannya atau tata laksana, dukungan sumberdaya manusia dan kelembagaan," katanya.
Winarno berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini, menghayati, memahaminya. Karena ini sangat penting bagi pemerintah untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.
"Kitalah yang melayani masyarakat, mulai dari waktu, prosedur dan tata cara melayani. Jangan ada lagi pelayanan yang lambat untuk masyarakat kita, karena ini adalah tugas kita," tuturnya.
Sementara itu Kabag Organisasi Setdako, Yohana Lisa, M.Si menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan guna mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, Pemerintah harus mengubah paradigma pola penyelenggaraan pelayanan publik dari yang semula berorientasi sebagai penyedia layanan menjadi pelayanan yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat sebagai pengguna layanan.
Baca juga: Pj Sekdako Winarno: Pelaksanaan Apel Siaga Tingkatkan Pilkada yang Berkualitas
Kegiatan akan berlangsung selama dua hari dan menghadirkan narasumber dari Kemenpan RB, Ombudsman, dan Biro Organisasi Sumatera Barat. (Put)
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Mulai Bertugas, Wawako Padang Panjang Allex Saputra Jadi Pembina Apel ASN
- Jelang Ramadan, Baznas Padang Panjang Salurkan Dana Zakat kepada 118 Mustahik
- Padang Panjang Maju, Sejahtera dan Bermarwah di Bawah Kepemimpinan Hendri Arnis dan Allex Saputra Resmi Pimpin Padang Panjang Lima Tahun ke Depan
- PJ Wako Sonny: Wartawan Penghubung Utama Antara Pemerintah dan Masyarakat
- Puluhan Sekolah Terima Reward Adiwiyata dari Pemko Padang Panjang