KAI Divre II Sumbar Pastikan Angkutan Penugasan Pemerintah Berjalan dengan Prinsip GCG
Sebanyak 1,6 Juta Penumpang Gunakan KA Bersubsidi hingga November 2024
Pada periode Januari s.d November 2024, KAI Divre II Sumbar melayani 1.638.930 penumpang, meningkat 7% dibanding periode yang sama tahun 2023 yaitu sebanyak 1.528.517 penumpang.
Adapun pada bulan November 2024, KAI Divre II Sumbar melayani 149.847 penumpang, meningkat 2% dibanding Oktober 2024 sebanyak 147.557 penumpang.
"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan," kata Muh. Tri Setyawan.
Peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satunya adanya sejumlah rombongan eduwisata anak-anak sekolah. Di samping itu, minat masyarakat menggunakan kereta api juga semakin meningkat karena kereta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah.
Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA yaitu Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun Naras, dan Stasiun BIM.
Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api penumpang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa. Dalam kurun Januari s.d November 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,82%, meningkat dibanding Januari s.d November 2023 yakni 99,47%.
Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api penumpang pada Januari s.d November 2024 mencapai 99,39%, meningkat dibanding Januari s.d November 2023 yakni 99,15%.
Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh penumpang.
Muh. Tri Setyawan mengatakan, prognosa hingga Desember 2024, KAI Divre II Sumbar akan melayani 1,8 juta penumpang.
"Mengingat tiket terbatas, maka kami menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI," kata Muh. Tri Setyawan.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Bantuan Presiden Tiba di Sumbar, Pemprov Tegaskan Distribusi Cepat ke Titik Bencana
- Dikelola Dinas Kominfo, SP4N LAPOR Kota Padang Terbaik di Sumbar
- AYCM 2025 Ditabuh, Wako Fadly Amran: Pemuda Punya Kekuatan Digital Terbesar di Dunia
- Wali Kota Sawahlunto dan BPJS Kesehatan Bahas Optimalisasi Jaminan Kesehatan serta Validasi Data Peserta
- Sekretariat DPRD Sumbar Enam Kali Berturut-Turut Raih Predikat Informatif di AKIP 2025








