Periode Januari hingga Juli 2024
KAI Divre II Sumatera Barat Catatkan Kinerja Positif pada Angkutan Penumpang dan Barang

PADANG, binews.id -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat berhasil mencatatkan kinerja positif dalam pengelolaan angkutan penumpang dan barang selama periode Januari hingga Juli 2024. Prestasi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penggunaan layanan kereta api di wilayah tersebut, baik untuk penumpang maupun pengangkutan barang.
"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan," ungkap M. As'ad Habibuddin, Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat.
Dalam periode tujuh bulan tersebut, KAI Divre II Sumatera Barat melayani 1.065.521 penumpang, meningkat 9% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang mencatat 975.886 penumpang. Angka ini mencerminkan meningkatnya minat masyarakat terhadap layanan kereta api yang dinilai nyaman dan terjangkau.
Rincian jumlah penumpang berdasarkan layanan kereta api menunjukkan bahwa KA Pariaman Ekspres (Pauhlima -- Padang -- Naras PP) menjadi favorit dengan 824.860 penumpang. Sementara itu, KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air -- Padang -- BIM PP) melayani 171.317 penumpang dan KA Lembah Anai (Kayu Tanam -- BIM PP) mencatat 69.344 penumpang.
Baca juga: Sidang Paripurna Istimewa Peringatan HUT Kabupaten Solok ke-112
"Peningkatan volume penumpang ini didukung oleh sejumlah faktor, seperti adanya rombongan dari instansi sekolah. Selain itu, kenyamanan dan harga terjangkau yang ditawarkan oleh kereta api juga meningkatkan minat masyarakat," tambah As'ad.
Lima stasiun yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun kereta api adalah Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun BIM, dan Stasiun Naras. KAI Divre II Sumatera Barat juga menunjukkan peningkatan dalam ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang, dengan tingkat ketepatan keberangkatan mencapai 99,8% dan kedatangan 99,4% pada Januari hingga Juli 2024, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023.
Perbaikan performa ini dicapai melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan, termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu menjadi salah satu keunggulan transportasi kereta api yang bebas dari kemacetan, sehingga menjadi pilihan utama penumpang.
Untuk memudahkan calon penumpang, KAI merekomendasikan penggunaan aplikasi "Access by KAI" untuk pemesanan tiket, yang dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan membeli tiket jauh-jauh hari tanpa khawatir kehabisan. Selain itu, loket penjualan tiket tetap dibuka 3 jam sebelum keberangkatan, dengan catatan tiket masih tersedia.
Baca juga: KAI Divre II Sumbar Sertifikasi 132 Pegawai Sepanjang 2024 untuk Wujudkan SDM Profesional
"KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," ujar As'ad.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Semen Padang Dukung Sekolah Perempuan Baringin, Budidaya Jamur Tiram Tumbuh Jadi Sumber Ekonomi Warga
- KAI Divre II Sumbar Hadirkan Layanan Kereta Api Ramah Anak, Dukung Transportasi Aman dan Nyaman untuk Keluarga
- Petani Sawit Curhat kepada Bupati Annisa, Potongan Timbangan Dinilai Terlalu Tinggi
- Dukung Kegiatan Investasi, Wako Fadly Amran Sambut Positif Kehadiran Basko City Mall
- Divre II Sumbar Sukses Berangkatkan 137 Ribu Lebih Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025