Periode Januari hingga Juli 2024
KAI Divre II Sumatera Barat Catatkan Kinerja Positif pada Angkutan Penumpang dan Barang

PADANG, binews.id -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat berhasil mencatatkan kinerja positif dalam pengelolaan angkutan penumpang dan barang selama periode Januari hingga Juli 2024. Prestasi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penggunaan layanan kereta api di wilayah tersebut, baik untuk penumpang maupun pengangkutan barang.
"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan," ungkap M. As'ad Habibuddin, Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat.
Dalam periode tujuh bulan tersebut, KAI Divre II Sumatera Barat melayani 1.065.521 penumpang, meningkat 9% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang mencatat 975.886 penumpang. Angka ini mencerminkan meningkatnya minat masyarakat terhadap layanan kereta api yang dinilai nyaman dan terjangkau.
Rincian jumlah penumpang berdasarkan layanan kereta api menunjukkan bahwa KA Pariaman Ekspres (Pauhlima -- Padang -- Naras PP) menjadi favorit dengan 824.860 penumpang. Sementara itu, KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air -- Padang -- BIM PP) melayani 171.317 penumpang dan KA Lembah Anai (Kayu Tanam -- BIM PP) mencatat 69.344 penumpang.
Baca juga: Gubernur Mahyeldi Lepas Peserta Jalan Sehat Peringatan HUT DPP PPI Sumbar
"Peningkatan volume penumpang ini didukung oleh sejumlah faktor, seperti adanya rombongan dari instansi sekolah. Selain itu, kenyamanan dan harga terjangkau yang ditawarkan oleh kereta api juga meningkatkan minat masyarakat," tambah As'ad.
Lima stasiun yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun kereta api adalah Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun BIM, dan Stasiun Naras. KAI Divre II Sumatera Barat juga menunjukkan peningkatan dalam ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang, dengan tingkat ketepatan keberangkatan mencapai 99,8% dan kedatangan 99,4% pada Januari hingga Juli 2024, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023.
Perbaikan performa ini dicapai melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan, termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu menjadi salah satu keunggulan transportasi kereta api yang bebas dari kemacetan, sehingga menjadi pilihan utama penumpang.
Untuk memudahkan calon penumpang, KAI merekomendasikan penggunaan aplikasi "Access by KAI" untuk pemesanan tiket, yang dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan membeli tiket jauh-jauh hari tanpa khawatir kehabisan. Selain itu, loket penjualan tiket tetap dibuka 3 jam sebelum keberangkatan, dengan catatan tiket masih tersedia.
Baca juga: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pancasila Perekat Bangsa
"KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," ujar As'ad.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- UPZ BAZNAS Semen Padang Dorong Kemandirian Ekonomi Warga Lewat Program Peternakan Etawa di Kampung Padayo
- DPRD Padang Bahas Dampak Pemotongan Anggaran Pusat, Fokus Kejar PAD
- Nevi Zuairina Dukung Kebijakan E10, Ingatkan Pemerintah Tak Tergesa-gesa
- Minangkabau Ekspres: Pilar Mobilitas dan Magnet Pariwisata Sumatera Barat
- Canangkan Gerakan Farm the Future, Gubernur Mahyeldi: Tumbuhkan Semangat Generasi Muda Bertani