Pemko Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Melalui Simulasi SAKIP

Rabu, 18 Desember 2024, 10:03 WIB | Pemerintahan | Kota Padang Panjang
Pemko Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Melalui Simulasi SAKIP
Sebagai komitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kota gelar Simulasi (Pra-Evaluasi) Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diselenggarakan Bagian Organisasi Setdako, Selasa (17/12/2024) di Aula Lantai III Balai Kota. IST

Saat ini, tambahnya lagi, adalah momentum yang sangat strategis, mengingat proses penyusunan RPJPD dan telah terpilihnya kepala daerah. Kepala OPD diharapkan untuk memahami dengan baik perencanaan yang matang, mulai dari RPJMD hingga Renja.

"Tugas pokok kita adalah amanah yang harus dijalankan dengan baik. Perencanaan program yang baik harus diikuti dengan pelaksanaan yang tepat. Kepala OPD harus memahami hal ini dan memastikan bahwa setiap program membawa manfaat bagi masyarakat," sebutnya.

Dirinya meminta seluruh OPD untuk memahami seluruh aspek SAKIP, dan secara berkala melakukan evaluasi. "SAKIP bukan hanya tugas bagian tertentu, tetapi tugas seluruh OPD," imbuhnya.

Baca juga: Kapolda Sumbar Apresiasi Polres dan Polsek Aktif dalam Subuh Mubarakah

Kabag Organisasi Setdako, Yohana Lisa, STP, M.Si berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara mengelola kinerja dan akuntabilitas, serta meningkatkan efektivitas program-program Pemko.

Dijelaskannya, narasumber yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Analis Kebijakan Pertama pada Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Diah Rakhmi Anitasari, S.E. Lalu, Kepala Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Biro Organisasi Provinsi Sumatera Barat, Desy Herawati, S.E.Ak, M.Si, Analis Kebijakan Ahli Muda pada Biro Organisasi Provinsi Sumatera Barat, Devfi Agustina, SE, M.Si. Serta, Auditor Ahli Madya Inspektorat Provinsi Sumatera Barat, Megah Vivyawati, S.H.

"Kita berharap seluruh instansi dapat menjalankan SAKIP dengan baik. Sehingga kita bisa meraih hasil evaluasi yang positif dan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat," harapnya. (bi/put)

Halaman:
1 2

Penulis: Imel
Editor: BiNews

Bagikan: