Pemkab Solok Gelar Bimtek Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik
PADANG, binews.id - Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Pemda setempat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kompetisi inovasi pelayanan publik dalam rangka membangun / menciptakan inovasi pelayanan publik, baru baru ini.
Kegiatan yang digelar di HW Hotel Padang itu dibuka langsung oleh Plh. Bupati Solok Aswirman, SE, MM, dan dihadiri Asisten Koordinator Administrasi Sony Sondra, SE, M. Si, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Zulfadli, S. Pd, MM, serta Narasumber dari Konsultan Kemitraan Internasional Kurniawan Wahid.
Dalam sambutannya, Plh.Bupati Solok menyampaikan bahwa inovasi pelayanan publik merupakan terobosan jenis pelayanan, yang dilahirkan dari gagasan/ ide kreatif orisinal juga berasal dari adaptasi / modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.
"Pembinaan inovasi nantinya akan kita lakukan sesuai dengan Permenpan nomor 30 tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik demi peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan salah satu area perubahan instansi pemerintah," ujar Aswirman.
Baca juga: Wakil Ketua DPRD Sumbar Tekankan Bahaya NAPZA dalam Bimtek P4GN di Padang
Plh.Bupati Solok Aswirman berharap melalui pelaksanaan Bimtek itu, nantinya dapat menjadi wadah bagi SKPD untuk mewujudkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik.
"Nantinya kita juga akan membentuk mall pelayanan publik (MPP) sesuai dengan standar yang ada, sehingga nantinya akan memudahkan bagi masyarakat kita dalam melakukan pengurusan berbagai hal," ungkapnya.
Sementara itu, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Zulfadli selaku panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan Bimtek perdana terkait inovasi ini ditujukan untuk dapat mewujudkan kontribusi yang baik bagi pelayanan masyarakat.
"Bimtek ini bertujuan untuk mendorong pembangunan inovasi pelayanan publik, mendorong pengembangan dan transfer inovasi pelayanan publik, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik," sebutnya.
Baca juga: Evi Yandri Buka Bimtek Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika bagi Generasi Muda
Pelaksanaan reformasi dan birokrasi tidak akan terlepas dari pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah bagi masyarakat.
Penulis: Imel
Editor: BiNews
Berita Terkait
- Andre Rosiade: DPP Gerindra Salurkan Bantuan Rp500 Juta untuk Warga Terdampak
- Ketua DPRD Sumbar Muhidi Gelar Reses, Tekankan Pentingnya Dialog dengan Masyarakat
- Ketua DPRD Bersama Wawako Padang Jemput Bola ke Wamensos RI Demi Wujudkan Sekolah Rakyat Padang 2026
- APBD Kota Padang 2026 Disahkan, Fadly Amran Tegaskan Komitmen Jalankan Program Prioritas
- Ketua DPRD Sumbar Muhidi Terima Kunjungan Kajati, Bahas Penguatan Sinergi








